Resensi Buku: Negeri 5 Menara

Ditulis oleh: Intan Puji Lestari, Kelas XI MM-2

Identitas Buku

Judul: Negeri 5 Menara “Man Jadda Wajada”
Penulis: Ahmad Fuadi 
Tahun terbit: Juli 2009
ISBN: 9789792280043
Tebal buku: 424 halaman

SINOPSIS

Alif adalah seorang anak sederhana yang baru saja lulus SMP di Maninjau, Sumatera Barat. Bersama sahabatnya Randai , Alif beringinan melanjutkan SMA di kota Bandung dan kemudian masuk ke kampus idamannya, ITB. Namun mimpi tinggal mimpi ketika Amaknya menginginkan Alif untuk masuk ke Pondok Madani, sebuah pesantren di sudut Ponorogo, Jawa Timur.

Walau pada awalnya Alif tidak mau, akhirnya Alif memenuhi permintaan orang tuanya, walau dengan setengah hati.

Kisah selanjutnya tentang kehidupan di pesantren dengan lika-liku pembelajarannya. Pesantren Madani ini cukup unik. Gaya busana dan gaya belajarnya berbeda dengan pesantren pada umumnya.

Para tokoh berjuang keras untuk merah pendidikan sampai ke luar negeri. Inilah Negeri 5 Menara dengan pencapaian cita-cita besar para tokohnya.

KEUNGGULAN BUKU

Novel ini sangat menarik, mengharukan, dan sangat inspiratif, Banyak nilai-nilai keislaman yang terkandung dalam novel ini, Namun juga menjadi miniatur kehidupan nyata. Memberikan perspektif baru terhadap dunia pesantren. Bebas untuk semua kalangan yang ingin belajar, baik dalam ilmu agama maupun nonagama, menghargai semangat demi meraih impian. Novel ini mengajarkan kepada kita, setinggi apa pun cita-cita kita, bisa diraih dengan kerja keras, disiplin, dan doa. 

KELEMAHAN BUKU

Cerita tentang kenangan masa lalu yang tidak diperlukan mestinya tidak perlu dibahas., karena tidak menambah bumbu cerita. Beberapa bacaan tentang bahasa Arab tidak diterjemahkan, sehingga sulit untuk dipahami. Novel Negeri 5 Menara ini, alur ceritanya cepat berubah. 

REKOMENDASI

Novel ini sangat bagus dibaca oleh semua kalangan terutama generasi muda. Man jadda wa jadda adalah mantera sakti yang tidak akan lekang ditelan zaman. “Siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil”! Ini adalah motivasi positif yang dapat kita ambil dari novel ini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up